Selasa, 25 Mei 2021

Pengelolaan Pengetahunan Perhutanan Sosial

 

5 Seri-Pendampingan PS

1. SERI-1 PENDAMPINGAN TAHAP AWAL
● Sosialisasi izin perhutanan sosial   

● Pendataan potensi
● Penguatan Kelembagaan KPS dan KUPS

● Pengembangan usaha KUPS
● Peningkatan sumber daya manusia

2. SERI-2 PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN KAWASAN HUTAN DAN LINGKUNGAN

 ● Rapat kesepakatan batas (Situasional)

● Penandaan batas izin PS

        ● Pembuatan dan penandaan blok /
          zonasi

        3. SERI-3 KERJA SAMA, AKSES PERMODALAN
           DAN AKSES PASAR
          ● Kerja sama PS
          ● Akses permodalan PS
          ● Akses pasar komoditas dan jasa PS

       4. SERI-4 PENGELOLAAN PENGETAHUAN
          ● Perencanaan
          ● Pelaksanaan
          ● Pemantauan

       5. SERI-5 MONITORING DAN EVALUASI  
         ● Persiapan monev
         ● Pelaksanaan monev
         ● Penyusunan laporan monev



BAB 1 PENDAHULUAN

Pengelolaan pengetahuan merupakan proses yang dimulai dari perencanaan, implementasi dan pemantauan. 

Pengelolaan   pengetahuan  tidak  dapat   berdiri  sendiri sebagai  satu  tahapan kerja, namun  bersifat  lintas sektor, ada  pada  setiap tahapan implementasi  pasca izin perhutanan sosial.

Maksud & Tujuan

● Menyusun    perencanaan   yang menjadi  acuan bagi pendamping PS untuk pengelolaan pengetahuan
●Menuliskan dan menyebarluaskan pembelajaran dari lapangan

Merefleksikan    antara    perencanaan dengan   realisasi, faktor pendukung dan penghambat, dan  aksi selanjutnya  untuk
   memperbaiki/mengembangkan pengelolaan pengetahuan.

Keluaran
● Dokumen strategi perencanaan pengelolaan pengetahuan

● Dokumen pembelajaran & pengetahuan baru berdasarkan  fakta dan pengalaman lapangan
.
● Catatan pemantauan proses pendampingan yang akan dimasukkan  dalam Laporan KPS/KUPS

BAB 2 TAHAPAN PENGELOLAAN PENGETAHUAN
  ● Perencanaan
 
Pelaksanaan
 
Pemantauan



PERENCANAAN
 Pada tahap  ini pendamping diharapkan   menyusun  peta  jalan  pengelolaan  pengetahuan bersama-sama  KPS.

Tujuan
 Menyusun  perencanaan yang menjadi acuan  bagi pendamping KPS untuk pengelolaan pengetahuan baik ditingkat pendamping maupun ditingkat KPS

Keluaran
Dokumen perencanaan pengelolaan pengetahuan dalam periode satu tahun.

Para Pihak
● Pendamping Perhutanan Sosial

● Anggota KPS dan KUPS

PELAKSANAAN

Pelaksanaan  dalam  pengelolaan pengetahuan  merupakan   cara-cara  yang dilaksanakan dalam menghasilkan tugas-tugas yang telah direncanakan

Tujuan
Menuliskan pembelajaran dari lapangan  sesuai dengan fakta dan pengalaman lapangan.

Keluaran
KPS: adanya   dokumen   informasi  pengetahuan  baru   yang   ditulis  oleh pendamping berdasarkan  fakta dan pengalaman dari KPS dan KUPS.

Pendamping: adanya dokumen informasi pengetahuan baru yang ditulis oleh pendamping berdasarkan fakta dan pengalaman pendampingan di lapangan

Para Pihak
● Pendamping Perhutanan Sosial

● Anggota KPS dan KUPS

● Tenaga ahli pengelolaan pengetahuan/akademisi (jika dibutuhkan)
Pendamping Perhutanan Sosial Anggota KPS dan KUPS Tenaga ahli pengelolaan pengetahuan/akademisi (jika dibutuhkan)

1. FAKTA
2. DATA
3. INFORMASI
4.PENGETAHUAN

FAKTA
Adalah kejadian yg teramati
DATA
Adalah fakta yg tercatat
INFORMASI
Adalah fakta dan data yg terungkap

PENGETAHUAN
Adalah campuran informasi, pengalaman, nilai-nilai, dan wawasan yang bersemayam di dokumentasi tertulis (eksplisit) dan benak (tacit)

PENGELOLAAN PENGETAHUAN
●Pengumpulan Data 
   Pengumpulan Data Di Tingkat Kps Dan  Kups
● Menulis Pembelajaran
     Kaidah 5w+1h
● Jenis Penulisan Pembelajaran

● Penyebarluasan Pembelajaran
   penyebaran Melalui Saluran Komunikasi 

● Etika Penyebarluasan Informasi
    9 Etika Penyebarluasan Informasi

PEMANTAUAN
Pemantauan pengelolaan pengetahuan  dilakukan  oleh  pendamping dan pengurus KPS/KUPS.

Tujuan
Untuk  merefleksikan  antara  perencanaan dengan realisasi, faktor-faktor  pendukung dan  penghambat, serta  aksi selanjutnya untuk memperbaiki/ mengembangkan pengelolaan pengetahuan.

Keluaran
Catatan pemantauan yang akan dimasukkan dalam Laporan

Teknik

Pemantauan dapat  dilakukan dengan diskusi, turun  ke lapangan,  ataupun keduanya  dengan berbasis  pada  perencanaan pengelolaan pengetahuan. Hasil diskusi  dicatat   untuk   dimasukkan   dalam   Laporan  Pendampingan.

BAB 3. PENUTUP

Pendokumentasian pembelajaran dan pengetahuan penting untuk menunjang program perhutanan sosial secara umum karena dimungkinkan pembelajaran dan pengalaman disuatu tempat dapat diterapkan ditempat yang lain dengan penyesuaian – penyesuaian lokasi dan kondisi setempat. Tantangan terbesar dalam tahapan ini yaitu kapasitas pendamping perhutanan sosial yang masih cukup awam dengan proses pendokumentasian pembelajaran dan pengetahuan, oleh karena itu buku seri ke 4 ini perlu dilatihkan kepada pendamping perhutanan sosial

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar